Candi Borobudur




Candi Budha yang terkenal ini , yang berasal dari abad ke-8 dan ke-9 , terletak di Jawa Tengah . Itu dibangun dalam tiga tingkatan : dasar piramida dengan lima teras konsentris persegi , batang kerucut dengan tiga platform sirkular dan , di atas , sebuah stupa monumental . Dinding dan pagar langkan yang dihiasi dengan relief rendah halus , dengan luas permukaan total 2.500 m2 . Sekitar platform melingkar 72 stupa kerawang , masing-masing berisi patung Buddha . Monumen dipulihkan dengan bantuan UNESCO pada tahun 1970.



sintesis singkat

Candi Borobudur Senyawa adalah salah satu monumen Buddha terbesar di dunia, dan dibangun pada 8 dan 9 Masehi pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra . Monumen ini terletak di Kedu Valley, di bagian selatan Jawa Tengah , di tengah-tengah pulau Jawa , Indonesia .

Candi utama adalah stupa dibangun dalam tiga tingkatan sekitar bukit yang merupakan pusat alam : dasar piramida dengan lima teras konsentris persegi , batang kerucut dengan tiga platform sirkular dan , di atas , sebuah stupa monumental . Dinding dan pagar langkan yang dihiasi dengan relief rendah halus , dengan luas permukaan total 2.520 m2 . Sekitar platform melingkar 72 stupa kerawang , masing-masing berisi patung Buddha .







Pembagian vertikal Candi Borobudur ke dasar , tubuh, dan suprastruktur sempurna tersebut sesuai dengan konsepsi alam semesta di kosmologi Buddhis . Hal ini diyakini bahwa alam semesta dibagi menjadi tiga bidang melapiskan , Kamadhatu , Rupadhatu , dan arupadhatu , yang mewakili masing-masing bidang di mana keinginan kita terikat dengan keinginan kita , bidang bentuk di mana kita meninggalkan keinginan kita , tetapi masih terikat untuk nama dan bentuk , dan bidang tak berbentuk di mana tidak ada lagi nama baik atau bentuk . Di Candi Borobudur , Kamadhatu diwakili oleh basis , Rupadhatu oleh lima teras persegi, dan arupadhatu oleh tiga platform sirkular serta stupa besar. Seluruh struktur menunjukkan campuran unik dari ide yang sangat sentral pemujaan leluhur , terkait dengan ide sebuah gunung bertingkat , dikombinasikan dengan konsep Buddha mencapai Nirwana.

Kuil ini juga harus dilihat sebagai monumen dinasti yang luar biasa dari Dinasti Syailendra yang memerintah Jawa untuk sekitar lima abad sampai abad ke-10 .

Candi Borobudur Senyawa terdiri dari tiga monumen : yaitu Candi Borobudur dan dua candi yang lebih kecil situatued ke timur pada sumbu langsung ke Borobudur . Kedua candi adalah Candi Mendut , yang penggambaran Buddha diwakili oleh monolit tangguh didampingi dua Bodhisattva , dan Candi Pawon , sebuah kuil kecil yang ruang batin tidak mengungkapkan mana dewa mungkin telah menjadi obyek pemujaan. Ketiga monumen merupakan tahapan pencapaian Nirvana .

Candi ini digunakan sebagai sebuah kuil Buddha dari konstruksi sampai suatu waktu antara abad 10 dan 15 ketika itu ditinggalkan . Sejak re- penemuan di abad ke-19 dan restorasi di abad 20 , telah dibawa kembali ke sebuah situs arkeologi Buddha .

Artikel Terkait

=================================
- Berkomentarlah Yang Sopan
- Tidak Diperkenankan Memasukan Link Aktif Pada Isi Komentar
- Berkomentarlah Sesuai Dengan Content
=================================
EmoticonEmoticon